20.11.05

Tri Ikrar Tauhid

… ‘Pujian bagi Tuhan yang tidak mengambil anak, dan tidak ada bagi-Nya sekutu dalam kerajaan-Nya, dan tidak ada bagi-Nya pelindung dari kehinaan …” (Quran 17:111)

Pujian di atas adalah bacaan awal yang diucapkan oleh orang-orang yang percaya setelah menyeru Tuhan di dalam salat.

Disamping merupakan pujian, bacaan tersebut adalah tri ikrar tauhid yang menegaskan sikap pendirian orang-orang yang percaya dalam mengingkari sistem keyakinan yang lain.

Tuhan Tidak Mempunyai Anak
Penggalan pertama yang berbunyi, “…Pujian bagi Tuhan yang tidak mengambil anak…” adalah ikrar tauhid untuk mengingkari keyakinan kaum Yahudi maupun Nasrani yang mengatakan bahwa Tuhan mempunyai anak.

“Dan telah berkata orang-orang Yahudi, ‘Uzair itu putra Tuhan’; dan telah berkata orang-orang Nasrani, ‘Al-Masih itu putra Tuhan’ …” (Quran 9:30)

Tuhan Tidak Mempunyai Sekutu
Lanjutan dari ucapan pujian tersebut yaitu, “… dan tidak ada bagi-Nya sekutu dalam kerajaan-Nya …” adalah ikrar tauhid untuk mengingkari keyakinan orang-orang yang menyekutukan sesuatu dengan Tuhan.

Di antara mereka ada yang menyekutukan jin, matahari, maupun patung berhala dengan Tuhan. Ada pula yang menjadikan ulama-ulama agama mereka sebagai sekutu yang mensyariatkan agama selain dari apa yang telah ditetapkan Tuhan.

“Ataukah bagi mereka sekutu-sekutu yang mensyariatkan untuk mereka dari agamanya apa-apa yang tidak pernah diizinkan Tuhan? …” (Quran 42:21)

Tuhan Tidak Mempunyai Pelindung
Bagian terakhir yang menyatakan, “…dan tidak ada bagi-Nya pelindung dari kehinaan” adalah ikrar tauhid untuk mengingkari klaim keturunan Israel yang mengatakan bahwa Tuhan itu membutuhkan.

“Sungguh Tuhan telah mendengar ucapan orang-orang yang mengatakan, ‘Sesungguhnya Tuhan membutuhkan/fakir, dan kami kaya’. Kami akan mencatat apa yang telah mereka katakan, dan pembunuhan mereka (terhadap) para nabi tanpa kebenaran …” (Quran 3:181)

Tri ikrar tauhid yang selalu kita ucapkan di dalam salat itu mudah-mudahan akan senantiasa mengingatkan kita untuk memurnikan penghambaan hanya kepada Tuhan.

Share on Facebook

Artikel Terkait:

0 comments:

Posting Komentar

Tolong jangan 'Anonymous'. Pilih 'Name/URL' lalu cantumkan nama panggilan anda untuk memudahkan sapaan. Kolom URL bisa dikosongkan saja. Terima kasih