25.6.22

Mengenal Allah

Allah, Dia adalah Tuhan yang esa.  Tidak ada Tuhan selain Dia, baik di langit maupun di bumi.  Dia kekal.  Dia tidak beranak dan tidak diperanakkan.  Dan tidak ada sesuatu pun yang setara dengan-Nya. 
 
Allah adalah pencipta alam semesta ini.  Langit, bumi, matahari, bulan, bintang-bintang, lautan, gunung-gunung, sungai-sungai, hewan, tumbuh-tumbuhan, manusia, semua adalah ciptaan-Nya.  Tidak ada sesuatu pun yang lebih besar atau lebih kecil daripada semua itu melainkan ciptaan-Nya.  Allah yang menghidupkan dan Dia pula yang mematikan.
 
Allah mendengar, melihat, dan mengetahui segala yang ada di langit dan di bumi.  Tidak ada sehelai daun pun yang gugur melainkan dalam pengetahuan-Nya.  Dia mengetahui apa yang masuk ke dalam bumi, dan apa yang keluar darinya; apa yang turun dari langit, dan apa yang naik ke sana.  Dia mengetahui apa yang kita rahasiakan, dan apa yang kita nyatakan.  Dia mengetahui apa yang ada di hati kita.  Dia saksi atas segala yang kita perbuat.
 
Allah berkuasa atas segala sesuatu.  Semua yang ada di alam semesta ini ditentukan, dikendalikan, dan dikuasai sepenuhnya oleh Allah.
 
Dia ciptakan ribuan jenis hewan dan tumbuh-tumbuhan sesuai kehendak-Nya.  Mulai dari ular yang melata di atas perutnya, sampai burung yang terbang dengan kedua sayapnya; dari rerumputan yang halus, sampai pohon-pohon yang tinggi menjulang.  Aneka rupa, aneka warna.
 
Dari sari pati tanah yang mati, Dia jadikan mani, kemudian dari mani itu Dia jadikan manusia yang banyak.  Pada waktunya setiap manusia itu akan Dia matikan, dan manakala Dia kehendaki, semua manusia yang telah mati itu akan Dia bangkitkan hidup kembali.
 
Dia beri anak laki-laki kepada siapa yang Dia kehendaki, Dia beri anak perempuan kepada siapa yang Dia kehendaki, dan Dia jadikan mandul siapa yang Dia kehendaki.  Dia berikan kekuasaan kepada siapa yang Dia kehendaki, dan Dia cabut kekuasaan dari siapa yang Dia kehendaki.  Tidak ada yang dapat menghalangi kehendak Yang Maha perkasa, Maha bijaksana.
 
Setiap detik Allah mengurus diri kita. Dia yang mengatur kerja organ-organ tubuh kita sehingga dapat berfungsi dengan baik.  Mulai dari mata yang dapat melihat, jantung yang memompakan darah, paru-paru yang mengisap dan mengeluarkan udara, sampai sel-sel yang menjalankan berbagai fungsi, semua bekerja atas ketentuan dan kehendak Allah.
 
Allah pula yang mencukupi kebutuhan kita dan seluruh makhluk-Nya yang lain.  Dia keluarkan tumbuhan dari bumi untuk kita makan, Dia turunkan hujan agar kita bisa minum.   Dia jadikan malam untuk kita beristirahat, Dia jadikan siang untuk kita mencari penghidupan.  Dia mengetahui kebutuhan kita lebih daripada kita sendiri, karena Dia yang menciptakan kita dan semua kebutuhan kita itu.  Dia memberi karunia menurut ukuran yang dikehendaki-Nya.  Dia Maha mengetahui, Maha bijaksana.
 
Allah Maha pengampun dan Maha penyayang.  Sebanyak apapun dosa seorang hamba akan Dia ampuni jika hamba tersebut sungguh-sungguh minta ampun dan bertobat kepada-Nya.  Namun Dia pun penyiksa yang keras.  Dia menimpakan azab yang pedih kepada orang-orang yang tetap dalam kedurhakaan.

Artikel Terkait: